Cara Salah Ngeblog Yang Kulakukan Dulu dan Cara Yang Seharusnya | Pengalaman Sendiri

pengalaman ngeblog
Gambar Pemanis
Pada tulisan kali ini abang akan berbagi sebuah pengalaman yang abang alami sendiri dan mungkin kalian juga pernah mengalaminya.

Pengalaman yang membuat abang tertawa ketika mengingatnya kembali, dan menjadi pengalaman indah sekaligus pengalaman miris yang pernah abang alami.  

Ikuti terus tulisan ini sampai bawah yah karena diakhir tulisan, abang akan ngasih tau cara yang SALAH yang abang lakukan  waktu itu dan sekaligus akan mengulas cara yang BENAR yang seharusnya abang lakukan waktu itu, berharap kalian tidak akan tersesat di cara yang salah seperti abang dulu.

Dahulu kala ketika Abang pertama kali ngeblog,  Abang terinspirasi oleh para Master Blog dengan blognya yang sangat Super sekali. Dan tanpa punya ilmu sedikitpun keinginan Abang untuk membuat blog mulai tumbuh kala itu. Dengan berbekal ilmu dari searching  di Google , Abang mulai mencoba membuat blog dengan  Ilmu yang sekadarnya dan tanpa bimbingan Abang mulai membuat sebuah blog.

Yang lucunya disini adalah setelah membuat satu artikel, bukannya di optimasi, Abang malah manteng di statistic. Abang sering mengklik menu statistic di blog, berharap pengunjung datang dan membaca artikel yang Abang buat itu (padahal artikel yang Abang buat masih satu biji hahaha).

Besoknya Abang melakukan hal yang sama menu statistic menjadi menu utama dan satu satunya yang Abang pentengi sampai lama. Merasa agak kecewa dengan hasil statistiknya, lalu Abang berpikir mungkin tampilan blog Abang kurang menarik. 

Setelah searching kesana kemari akhirnya Abang menemukan tutorial tentang cara memodif tampilan blog. Dan taraaa... berjam jam Abang memodif tampilan blog (masih dengan satu artikel di blog), besoknya Abang pantengi lagi statistic berharap ada lonjakan pengunjung setelah blog Abang buat sedemikian menariknya dan masih seperti sebelumnya, cara ini tidak membuahkan hasil yang memuaskan, pengunjung bertambah tetapi hanya bertambah puluhan orang saja.

Abang mulai berpikir lagi, pencarian di google terus Abang lakukan, lalu Abang terapkan. Tetapi hasil yang Abang peroleh masih saja sama, Statistic yang kurang memuaskan.

Abang berpikir mungkin ada yang salah lagi dengan blog Abang itu. Waktu itu keinginan ngeblog  sudah mulai berkurang dan membuat blog Abang terbengkalai sampai beberapa lama. Hingga beberapa saat kemudian Abang memulainya lagi dari awal, waktu itu Abang berpikir mungkin ada cara yang salah yang Abang lakukan. Lalu satu blog lagi Abang buat dengan berbekal rangkuman tutorial hasil searching. Dan taraa jadilah satu blog, namun lagi lagi setelah membuat satu artikel Abang langsung merombak tampilan blog habis habisan dan kalian sudah bisa menebak, hasil yang sama seperti sebelumnya.

Lagi lagi Abang mengalami hal yang tidak menyenangkan dengan statistic blog, sampai sampai Abang berpikir Abang memang tidak cocok dan tidak punya bakat dalam menulis dan membuat blog (padahal semua itu tidak benar .. semua orang bisa menulis dan semua orang bisa ngeblog.

Perjalanan Abang tak sampai disitu, Abang membuat blog dengan mencoba beberapa niche, mungkin jika ditanya sudah berapa blog yang Abang buat, jawabannya adalah tak terhitung dan pada akhirnya semuanya terbengkalai begitu Saja.

Hingga pada akhirnya strategi Abang berubah. waktu itu Abang fokus pada materi dulu, mencari ilmu ngeblog menjadi kegiatan baru Abang sedangkan praktek  Abang hentikan dulu. 

Nah dari sini mulialah sedikit demi sedikit ilmu mengenai blog Abang dapatkan. Memang dalam mencari ilmu ngeblog itu jangan sambil buru buru, perlu waktu yang lama untuk memahami ilmu blog. Karena sebagus apapun tutorial yang kita baca, jika kita tidak memahami sepenuhnya maka tetap tidak akan mendapat hasil, inilah yang Abang alami waktu itu.


Nah untuk kalian kalian yang baru membuat blog dan masih bingung mau diapakan blognya, kalian bisa belajar dari pengalaman Abang diatas.

Ok sekarang saatnya untuk menganalisa kesalahan yang Abang lakukan dulu ketika baru membuat blog

Pertama : Artikel
Kesalahan Pertama Abang dulu adalah mengharapkan banyak pengunjung dengan Artikel yang sedikit.

Ini tentu saja salah! Artikel yang sedikit tidak akan mendatangkan pengunjung yang banyak, ini aturan mutlak. Lha gimana mau banyak pengunjung dengan article yang sedikit. 

Ingatlah bahwa  tujuan utama pengunjung adalah mencari informasi lewat artikel dan jika artikel di blog hanya ada satu saja yaa itu mustahil.

Begini yang benar :
Blog baru tidak akan mendapat kunjungan yang banyak. Perlu adanya usaha untuk mengoptimalkannya. Dan hal pertama yang perlu Newbie optimasi adalah Artikel.

Tips : Buat artikel, pastikan artikel Anda lengkap disertai gambar  jika perlu sematkan video terkait di artikel Anda. Setelah yakin dengan artikel tersebut, inilah cara Gratis yang bisa kalian lakukan supaya mendapat pengunjung.

Luangkan waktu dan pikiran kalian untuk membuat satu artikel. Buat artikel yang benar benar berkualitas yang banyak orang perlukan. 

Ingat! kesan pertama haruslah istimewa. Begitupun dengan blog kalian. Jika artikel pertamamu membuat orang berkesan, maka artikel selanjutnya akan ditunggu oleh mereka. 

Disinilah perlunya kalian meluangkan waktu dan pikiran untuk mencari referensi, dan mengumpulkan bahan untuk artikel. Carilah informasi yang dibutuhkan banyak orang lalu cari referensi dari informasi itu, susunlah menjadi satu artikel dan bagikan kepada orang lain. 

Submit ke Webmaster
Cara ini umum dilakukan oleh blogger setelah mempublis artikel, nah inipun terjadi pada Abang dulu sebelum tahu adanya Webmaster (Kasihan yah hehehe).

Ini bertujuan untuk memberitahukan keberadaan Artikelmu ke mesin pencari, atau istilah yang sering dipakai adalah supaya artikelnya terindex oleh mesin pencari. 

Cara ini tergolong cepat dan mudah namun hasilnya sangat memuaskan. Hanya berapa detik saja artikelmu sudah akan terdeteksi di mesin pencari.

Kedua: Umur Blog
Kesalaha ketiga adalah tidak memperhatikan umur blog. Blog yang baru sangat sulit mendapat pengunjung yang banyak, artinya butuh waktu yang lama supaya blog mendapat pengunjung yang banyak.

Rata rata sebuah blog mendapatkan pengunjung yang stabil adalah pada usia 3 bulan, namun ini bukan acuan utama karena bisa lebih cepat atau lebih lambat. 

Artinya blog baru bisa mendapat pengunjung yang banyak, namun hanya master blogger yang bisa melakukannya. Atau sebaliknya jika blog jarang diupdate dan dioptimasi akan memerlukan waktu yang lama sampai mendapat pengunjung yang stabil.

Tetapi begini, umur tiga bulan itu jika selama tiga bulan mengupdate artikel yang berkualitas secara teratur, ini jelas  memerlukan kesabaran yang besar. Banyak blogger blogger baru yang menyerah sebelum blog mencapai usia tiga bulan, ini Abang alami juga. 

Rata rata seorang blogger baru hanya semangat di minggu pertama, minggu kedua sudah ada rasa malas, minggu ketiga sudah jarang update dan kalian tahulah apa yang terjadi di minggu keempat... blog itu ditinggal begitu saja.

Namun tidak sampai disitu, meski blog kalian sudah berumur tiga bulan bukan berarti blog tersebut sudah bisa ditinggal begitu saja. Tiga bulan adalah waktu sakralnya saja dan harus tetap di update untuk waktu kedepannya.

Abang amat salut pada seorang Master blogger yang mempunyai blog yang berumur sampai 5 Tahun, tidak terbayangkan betapa mereka bisa bersabar dan ulet dalam waktu yang tidak sebentar itu. Namun semua ada timbal baliknya, mereka yang senang berbagi akan mendapat kegembiraan tersendiri.

Busyett udah malem nih gak kerasa banget. Yaudah abang pamit dulu aja yah! Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.

Posting Komentar

1 Komentar

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)